ISLAM ADALAH PILIHAN CARA HIDUP

Diriwayatkan dalam sebuah hadits Nabi bahwa mayat mengetahui orang yang mengurusi dan menguburkan jenazahnya, disebabkan adanya hubungan antara jasadnya dengan rohnya ketika itu. Imam Ahmad telah meriwayatkan bahwa Rasulullah saw telah bersabda, “Sesungguhnya mayat mengetahui orang yang membawanya, orang yang memandikannya, dan orang yang menurunkannya ke dalam kuburnya.” Di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Thabrani disebutkan bahwa Rasulullah saw telah bersabda, “Sesungguhnya mayat mengetahui orang yang memandikannya, orang yang mengkafaninya, dan orang yang menurunkannya ke dalam kuburnya .”

Juga terdapat keterangan di dalam sunah Nabi saw yang mengatakan bahwa roh seorang hamba yang saleh keluar dari jasadnya ketika meninggal, dan kemudian kembali ke jasadnya ketika di dalam kubur. Abu Musa al-Asy’ari berkata, “keluarnya roh orang mukmin lebih harum baunya dari bau minyak kasturi. Kemudian malaikat yang mematikannya pun berangkat bersamanya, lalu para malaikat menemuinya. Malaikat yang mematikannya berkata, “Ini adalah Fulan anak Fulan, dia telah melakukan amal-amal kebajikan begini-begini.” Para malaikat berkata, “Selamat datang bagimu dan selamat datang baginya.” Lalu para malaikat pun menggenggam roh itu, dan dinaikkan dari tempat di mana amal perbuatannya dinaikkan. Maka roh itu bersinar di langit dan mempunyai bukti seperti bukti matahari, sehingga akhirnya roh itu sampai ke ‘Arasy.”

P ara ulama mengatakan bahwa setelah roh berpisah dari jasadnya, roh dapat mendengar orang yang mengucapkan salam kepadanya, mengetahui orang yang menziarahi kuburannya, dapat merasakan lezatnya kenikmatan, dan juga merasakan pedihnya siksa, jika ada siksa baginya. Sebagaimana juga para ulama mengatakan bahwa roh mempunyai hubungan tertentu dengan jasadnya yang ada dikuburan. Dengan adanya hubungan tertentu inilah mayat dapat mengetahui hal-hal yang ada di sekelilingnya. Dan hanya Allah Azza Wajalla saja yang mengetahui hakikat dan cara hubungan tertentu ini.

Perlu juga diketahui bahwa setelah mati, roh-roh mempunyai keadaan dan derajat yang berbeda-beda antara satu sama lainnya, sesuai dengan perbedaan derajat dan kedudukan tuannya di sisi Allah ta’ala. ada roh-roh yang berada di surga tertinggi, ada roh-roh yang berada di tembolok burung hijau yang terbang di atas surga ke mana saja dia mau, ada roh-roh yang dipenjara di bumi, dan juga roh-roh lainnya. Sungguh benar Zat yang Maha Tinggi dan Maha Besar tatkala berfirman di dalam surah al-Isra ayat (85), “Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh, katakanlah, ‘Roh itu termasuk urusan Rabb-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit.” Sumber: Jeanny Dive & Sahabat

No comments for "Perjalanan Roh Sesudah Mati"!